Ramadhan nan Indah

Ramadhan bulan yang paling dinanti-nanti, bulan penuh berkah dan magfhirah. Di bulan ini semua kaum muslimin yang beriman diwajibkan untuk melakukan puasa, puasa yang bukan hanya menahan lapar dan dahaga, tetapi juga menahan diri dari hal-hal yang tidak berguna ataupun menahan diri dari sesuatu yang dilarang. Sungguh bulan yang indah.

Tradisi dalam bulan ramadhan biasanya sangat unik, dari tradisi sehabis saur sampai tradisi untuk menunggu waktu berbuka atau yang biasa disebut ngabuburit. Kenapa saya katakan unik? Karena hampir diseluruh kota tradisi ini berbeda-beda bahkan setiap keluarga biasanya punya kebiasaan sendiri-sendiri. Dan yang paling kita rasakan dalam bulan ini adalah sebuah kebersamaan, kebersamaan dalam berbagi, bisa dikatakan berbagi dengan tetangga ataupun orang-orang terdekat kita entah itu makanan ataupun hadiah, kebersamaan dalam jamaah, dibulan inipun kita akan biasa melihat bagaimana kaum muslimin berbondong-bondong kemasjid untuk melakukan shalat terawih dan shalat-shalat lainnya di Masjid, yang hari-hari biasa masjid kosong, tapi kita bisa liat pada bulan ramadhan pasti penuh, blum lagi acara ngaji bareng atau tadarus alquran dan pesantren kilat, banyak amat kegiatan-kegiatan yang indah yang jarang kita temukan pada bulan-bulan biasa.

Kita juga bisa liat bagaimana televisi yang tiap hari menanyangkan cerita mistik berubah menjadi sebuah acara-acara bertemakan religi, tapi sayang nggak semua tontonan religi itu sejalan dengan Islam. Banyak amat yang judulnya doang yang religi tapi acaranya bisa dibilang rely sepeda he…. Blum lagi acara-acara music yang bertemakan ramadhan , bukannya nasyid yang menyajikan sebuah keindahan dalam syair, tapi yang kluar malah band-band yang loncat-loncat indah diatas panggung, bahkan kemarin disebuah kota terjadi sebuah insiden gara-gara tontonan ginian, sungguh fenomena yang tidak kita inginkan.

Disamping itu semua, bulan ramadhan ini merupakan momentum untuk perubahan diri, perubahan menjadi lebih baik, dan bulan yang harus dimanfaatin dengan sebaik-baiknya, karena belum tentu kita akan menikmati momentum ramadhan tahun depan. Semoga kita bisa melihat keindahan yang terjadi dibulan ramadhan, terjadi pula dibulan-bulan biasa.

Keceriaan-keceriaan bulan ramadhan :

dan masih banyak lagi kecerian-keceriaan lainnya……………

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s