Friendster….. aman nggak sih…???

Kalian tentu sudah tidak asing lagi dengan kata hacking…. Atau jangan-jangan emang anda sering melakukan dan pelaku hacking tersebut…. Apapun itulah saya akan membuat tulisan yang sederhana ini untuk mengenalkan anda bahwa situs jaringan social sangat lah membahayakan jika anda tidak hati-hati. Tapi saya tidak ngasih saran anda untuk tidak membuatnya karena situs jaringan social manfaatnya juga luar biasa jika anda bisa memanfaatkannya.

Banyak sekali situs jaringan social yang berterbangan saat ini… (kayak burung aja), sebut saja Friendster, My Space, Orkut, Face Book bahkan ngeceng.com yang ada secara khusus bagi para pengguna yang menuntut penggunaan bahasa Indonesia secara menyeluruh.

Sekarang yang kita pakai Friendster, saya yakin anda sudah tidak asing lagi dengan situs jaringan social yang beralamatkan di www.friendster.com ini, bagaimana tidak, Indonesia ternyata juga merupakan Negara yang para remajanya pengguna Friendster secara besar-besaran. Bahkan sampai terdapat slogan yang mengatakan “Jangan bilang diri loe gaul, kalo belum punya Friendster”…. Ceile…. Slogannya gaul amat men…

Mungkin anda bertanya, kenapa friendster bisa menjadi senjata pemusnah bagi kita, kayak senjata pemusnah masal aja……? Ya… pertanyaan yang kritis, oke saya jelaskan, friendster merupakan layanan dengan pengguna yang jumlahnya amat banyak sampai-sampai saya tidak bisa menghitungnya…. Bahkan tak jarang kebanyakan dari mereka adalah para pengguna yang tergolong “awam” dalam berinternet. Oleh karena itu kesadaran mereka akan keamanan informasi masih sangat minim. Bahkan tidak sedikit pengguna friendster menerapkan password yang sama pada email, paypal.com (online Money Transfer) maupun berbagai layanan password online lainnya. Mengingat penggunaan logika berfikir yang kritis juga dapat membantu hacker untuk menggunakan informasi yang tertera pada halaman friendster korban dan kemudian melakukan penyerangan kelayanan lain,selain itu tahukah anda tentang identity theft, alias pengambil alihan identitas anda secara illegal yang kemudian dapat digunakan sebagai identitas palsu pelaku kejahatan. Tahukah anda bahwa nama ibu atau nama orang tua, alamat rumah, nomor telepon dan berbagai hal lainnya melalui testimonial sambil bercanda akan mengakibatkan kesalahan fatal. Tahukah kamu bahwa nama ibu atau orang tua yang sering anda gunakan untuk memanggil temannya sambil bercanda, merupakan salah sebuah data kunci kartu kredit? Tahukah anda, bahwa dengan melihat itu semua anda juga bisa menerobos system keamanan email, misalkan saja emailnya Microsoft yang punya alamat di www.hotmail.com dengan melakukan forgot password, ataupun bisa juga email lainnya seperti yahoo, ataupun yang lainnya, dan dengan password email tersebut akan bisa membuat orang Indonesia sedikit tersenyum karena memang agak aman, sebab mungkin hanya messenger diambil alih, surat cinta dibaca, dan mungkin sedikit malu karena mungkin password beberapa situs porno diketahui, tetapi bagaimana dengan orang luar negeri, anda tahu website dengan alamat www.paypal.com, website tersebut menyimpan data penting seperti data financial pun menggunakan email address sebagai user-namenya. Jadi jika sudah tahu dan masuk email mungkin akan bisa melakukan permintaan password baru dari paypal.com dan kelanjutannya si korban tinggal menangis sekeras-kerasnya hee…… selain itu juga bisa cara lain sebut saja pemakaian halaman login palsu, pencurian cookie,flash exploit, XSS, blog dll

Pada dasarnya friendster hacking sendiri adalah sebuah tindakan atau cara mengumpulkan informasi yang tertulis pada halaman pribadi mereka, tetapi hal ini berubah pada tanggal 23-26 september 2006, dimana untuk pertama kalinya ditemukan adanya celah keamanan pada Friendster.com berupa pembacaan script pada file yang punya ekstensi .swf yang memungkinkan adanya penyisipan kode yang merugikan, seperti memaksa orang untuk melakukan redirection (pemindahan halaman website secara paksa) dan melakukan penipuan untuk mencari password atau informasi penting lainnya.

Tidak bisa dipungkiri, di internet terdapat hukum yang secara tak langsung mengatakan “Semakin besarnya sebuah layanan, akan semakin berbahaya apabila penggunanya tidak sadar akan keamanan informasi”. Bukan karena layanan ini sangat penting, namun karena setiap layanan yang ada diinternet relative berhubungan satu sama lain.

Sebenarnya cara-cara yang digunakan untuk menerobos Friendster kemungkinan juga bisa digunakan untuk menerobos situs jaringan social lainnya, lihat cara-cara tersebut sudah di path atau belum oleh pihak yang menggawangi situs jaringan social tersebut…

Jadi hati-hati dalam menggunakan FS atau layanan jaringan social lainnya, gunakan password yang lain antara password email dan password FS, bila perlu buat password yang minimal 10 karakter atau kombinasikan huruf dan angka, serta simbol-simbol yang terdapat pada keyboard, liat dishout dari teman yang ingin kamu liat halamannya, jangan sekali-kali download file saat melihat testimonial dari teman, jauhi penggunaan alamat atau no telepon serta informasi yang penting untuk digunakan bercanda pada testimonial, jika emang penting, lebih baik lewat email atau private message, intinya hati-hati dech …..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s