“REMAJA VS MASALAH ?!?!”

Remaja dalam kehidupan kesehariannya diidentikan dengan masalah-masalah yang mungkin akan menjadi sebuah beban. Salah satu permasalahan yang sering dihadapi biasanya mereka diterpa oleh gossip, difitnah / dijelek-jelekan atau permasalahan kehidupan sehari-hari lainnya. Kali ini qta akan membahas bagaimana kalo qta sebagai pemuda muslim menghadapi semua itu. Sebenarnya banyak sekali cara yang dapat qta lakukan agar permasalahan tersebut tidak membuat qta stress dan saya akan coba beri satu cara efektif agar masalah negative seperti itu dapat berubah menjadi positif bagi qta. Solusinya adalah dengan positive thinking atau kalo nggak ngerti maksudnya ialah berfikir positif, ya kira-kira gitu lah…., Rasulullah pernah bersabda :”Ada 2 pekerti yang kebaikannya tidak ada yang melebihi keduanya yaitu baik sangka kepada Allah dan hamba-hambaNya. Ada 2 pekerti yang keburukannya tidak ada yang melebihi keduanya yaitu buruk sangka kepada Allah dan hamba-hambaNya”. Mungkin sobat muda bingung, kok berfikir positif dapat menghilangkan keresahan malahan dapat memberi manfaat bagi qta, coba baca baik-baik cara berfikir positif dibawah ini:

1. Rasa kepercayaan sepenuhnya kepada Allah

Qta sebagai muslim percaya dan yakin bahwa Allah itu maha melihat, maha mendengar, maha mengetahui, maha mengawasi. Untuk itu qta tidak usah bingung dengan gossip, fitnah atau apa aja yang menimpa qta karena qta tidak melakukannya. Mungkin citra qta dihadapan orang lain jelek sebab hal-hal tersebut, tetapi apakah Allah juga menilai seperti itu. Jadi untuk apa qta harus bingung, padahal penilaian manusia hanyalah penilaian yang semu, penilaian yang sesungguhnya dan yang benar adalah penilaian Allah. “Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya) jika kamu orang-orang yang beriman” (QS. Ali Imran:139)

2. Anggaplah diri sebagai orang terkenal

Bagaimana caranya ?????, bilang aja qta ni artis yang banyak disorot oleh publik / media karena gossip, fitnah atau apa aja deh meski qta bukan artis, heee…..hee..heee…PD amat. Dengan cara seperti ni mungkin bisa membuat pikiran qta jadi fres, bahagia, nggak sedih and tentunya qta dapat menahan amarah  karena qta tidak tersinggung dengan perbuatan orang lain yang menjelek-jelekin qta. Rasulullah SAW bersabda,” Barang siapa yang menahan marah dan berkeinginan untuk melestarikannya, maka ia akan lestari, dan Allah akan memenuhi didalam hatinya aman dan iman”. Tapi harus tetap diingat, jangan berlebihan membayangkannya nanti bisa kesurupan lo…..,he..he…he….bcanda kok, yang benar tuh kalo berlebihan takutnya nggak nyelesaiin masalah malah menambah masalah juga dapat membuat takabur, terlalu PD and Allah tidak suka orang yang berlebihan, islam kan juga ngajarin qta untuk slalu tawazun, udah ngerti kaa…n. untuk itu niatkan semua ini untuk bisa berfikir positif dan agar dapat menahan amarah.

3. Lemparkan pertanyaan-partanyaan untuk diri antum

Disini antum  bisa mengajukan beberapa kalimat pertanyaan pada diri antum dan cobalah untuk menjawabnya dengan jujur. Pertanyaan itu contohnya :

› Apa sih untungnya memiliki pikiran seperti ini?

› Apa manfaat saya bermain-main dengan permasalahan semacam ini?

› Benar atau tidak saya berperilaku seperti ini?

› Benar atau tidak sikap saya, sehingga membuahkan penderitaan batin semacam ini?

Dengan cara itu mungkin antum dapat meredam perasaan sedih akibat fitnah, gossip, atau lainnya. Jika pertanyaan itu masih kurang maka buatlah sekreatif mungkin untuk dapat ditanyakan pada diri antum, tentunya dengan pertanyaan-pertanyaan yang positif dan membangun bukannya menyengsarakan dan membuat tambah kecewa nantinya, gampang kok asal ada niat dan kesungguhan.

4.      Berfikirlah bahwa apapun, sekecil apapun penderitaan yang antum hadapi akan diganti Allah dengan pahala dengan syarat antum harus hadapinya dengan sabar dan ikhlas karena Allah serta disertai sikap tawakal. Dengan berfikir seperti ini antum akan merasa tidak didzalimi bahkan antum akan menghadapi semuanya dengan rasa senang karena dapat bernilai ibadah.

“Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu. Dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui” (QS. Al Baqarah:216).

5.      Ingatlah bahwa mrasa sedih, cemas akibat sesuatu hal yang tidak qta suka bukanlah solusi bagi qta. Ingatlah bahwa merasa kecewa, sedih, murung tidak dapat menyelesaikan masalah dan mungkin akan menambah masalah lagi. Hidup ini terlalu singkat untuk merasa kecewa, sedih, murung atau perilaku yang tidak bermanfaat lainnya. Untuk itu jangan takut dengan masalah yang antum hadapi. Hadapi permasalahanmu dengan rasa optimis bahwa antum bisa hadapi. Ingatlah bahwa Allah selalu bersama qta, dan ingatlah bahwa lari dari masalah bukanlah menyelesaikan masalah melainkan akan menambah masalah lagi, sgala bentuk permasalahan pasti ada jalan keluarnya hanya tinggal soal waktu dan kepercayaan terhadap Allah SWT.

6. Ingat perjuangan Rasul-Rasul Allah

Cobalah ingat perjuangan rasul-rasul Allah melawan kemusrikan, mereka dicaci, dimaki, difitnah, bahkan dikucilkan. Tetapi mereka tidak pernah mengeluh dan menghadapinya dengan sabar dan tawakal. Qta yang hanya mendapat masalah kecil apa harus putus asa, kecewa, bahkan nggak mau makan. Qta harus dapat meneladani sikap akan kesabaran rasul-rasul Allah SWT. Dan ingatlah bahwa masalah yang qta hadapi tak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan masalah yang dihadapi oleh rasul-rasul Allah dalam menjalankan tugas dan misinya.

7. Serahkan semuanya kepada Allah

Dengan begitu masalah akan tuntas dan biarlah Allah yang membalasnya. Tapi ingat qta juga harus ikhtiar sekuat tenaga dalam menghadapi semua itu, dan minta petunjuk Allah.

Dengan cara-cara berfikir seperti itu, masalah yang seharusnya membuat stress pikiran qta akan berubah menjadi hal yang menyenangkan dan menjadi amal ibadah bagi qta. Untuk itu alangkah indahnya jika kita pemuda muslim dapat berfikir positif dalam menempuh kehidupan ini. Qta akan dapat menemukan kebahagiaan hati yang nantinya insyaAllah mengantarkan qta menuju kesuksesan didunia dan akherat. Wallahualam

4 thoughts on ““REMAJA VS MASALAH ?!?!”

  1. bagaimana jika kita sangat sulit menghadapi masalah itu? terutama yang berhubungan dengan cinta? apakah kita juga harus bersabar jika ternyata dengan cara seperti itu hanya akan menyiksa kita. seperti yang pernah saya baca,bahwa manusia di ciptakan berpasang-pasangan dan apa bila kita sudah meyakini sepenuh hati bahwa seseorang yang kita cintai adalah pasangan terahir bagi kita sedangkan di sis lain kita harus meyakini kata hati kita.jika kata hati kita selalu berkata”jangan tinggalkan dia” meskipun kita selalu di sakiti.

  2. yup…. bener banget, manusia memang diciptakan berpasang-pasangan,
    tetapi yang jadi pertanyaan apakah kita udah tahu pasangan kita, itu kan masih
    menjadi misteri dalam diri kita, banyak kan seorang remaja yang punya pacar dan
    sangat lengket banget tetapi akhirnya putus juga, banyak pula remaja yang nggak pernah
    pacaran tetapi bisa nikah, jangan salah dalam mengartikan cinta, untuk menghadapi sebuah
    masalah memang harus dengan kesabaran, tetapi iringi juga dengan ikhtiar dan doa… insya Allah
    masalah sebesar apapun akan bisa terselesaikan… oia saya punya sedikit artikel tentang cinta yang
    saya dapat dari berbagai media, nanti saya kirim deh via mail, moga bisa bermanfaat…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s